Senin, 27 April 2015

Belajar Berbagi Dalam Keterbatasan Dari Pak Joko




Kompasiana
Joko, begitulah bapak asuh Yayasan Benih Kebajikan Nusantara Al Hasyim dipanggil. Siapa sangka Bapak Joko ini dulunya adalah seorang sopir dari sebuah production house di Jakarta. Dari hasil jerih payahnya mengumpulkan uang dan menjual mobil, beliau bersama istri mendirikan yayasan sosial yang berlokasi di di Jl. Warung Silah, Gg. H. Saaman No. 83, RT 03 / RW 04,Cipedak – Jagakarsa, Jakarta  Selatan. Hatinya tergerak menolong sesama meski mereka sendiri hidup dalam keterbatasan. Memang diakui oleh Pak Joko,  dalam mengurus panti asuhan ada harga yang harus dibayar seperti misalnya dana untuk konsumsi anak sehari-hari, biaya sekolah dan yang lainnya. Secara logika, Pak Joko berkata, “Menangani ini semua sangat tidak mungkin, namun dia berkeyakinan semua yang dilakukannya tidak terlepas dari campur tangan Yang Maha Kuasa. “Anak ini adalah anugerah dari Tuhan, ” kata Pak Joko seperti terkutip dalam artikel berikut.

Tanggal 26 April 2015, perwakilan SCS yaitu Rafsan dan Faisol mengunjungi yayasan yang didirikan Pak Joko tersebut. Mereka membawa santunan dana sebesar Rp 1.500.000,- untuk pengembangan yayasan dalam merawat dan mendidik anak-anak asuh yang kebanyakan sudah yatim/piatu tersebut. Saat ini di bawah Yayasan Benih Kebajikan Nusantara Al Hasyim, terdapat 27 anak asuh yang dirawat oleh Bapak Joko dan istri. Sejak tahun 2010 dibentuk, anak-anak itu datang dan pergi silih berganti. Bagi beliau yang utama adalah pendidikan, karena beliau ingin anak-anaknya mandiri, ketika keluar dari yayasan mereka menjadi orang sukses yang tidak rendah diri karena status yatim-piatunya.



MasyaALLAH, sungguh inspiratif sekali pengalaman Bapak Joko dalam mendirikan dan membesarkan yayasannya. Siapapun bisa, tanpa memandang status, semua manusia berhak dan wajib saling menolong. Semoga Sigma 19 Care Share tetap eksis untuk membantu sesama yang membutuhkan di sekeliling kita, InsyaALLAH.

Bin Hariyati Nana

About Bin Hariyati Nana

Sebuah Gerakan Sosial yang diinisiasi oleh alumni Statistika ITS angkatan 2008 sejak bulan Mei 2013 yang bertujuan mengajak masyarakat umum untuk saling berbagi dengan sesama yang sedang membutuhkan.

Subscribe to this Blog via Email :