Senin, 06 Oktober 2014

Memaknai Hari Raya Qurban


Tak terasa ini kali kedua SCS berkurban di hari raya Idul Adha, Oktober tahun2013 SCS bersedekah kurban untuk pertama kalinya sebanyak dua ekor kambing, selengkapnya baca di sini. Tahun ini, Sigma 19 berkurban tiga kambing diwakilkan oleh teman-teman di Surabaya. Adalah Zainuddin, ketua SCS kami tercinta itu, yang mengkoordinir proses kurban di dekat tempat tinggalnya. Total dana yang dikeluarkan untuk sedekah kurban tahun ini adalah Rp 6.800.000,-.

Di hari raya kurban tahun ini, kami diingatkan kembali makna-makna penting di balik sedekah kurban. Bukan perkara tentang berapa banyak hewan yang kita kurbankan, tetapi pada momen ini, kita mencoba untuk meneladani kisah Nabi Ibrahim saat diminta mengurbankan anaknya Ismail. Makna apa yang bisa kita tangkap dalam cerita itu:

  1. Melaksanakan perintah Allah dengan keyakinan penuh, tanpa bertanya, apalagi menghindar. Jadi masihkah kita menjauhi perintahnya dan justru mendekati larangannya sekarang? Yuk crosscheck diri...
  2. Jujur dalam menjalankan perintah Allah, belajar keimanan dari peristiwa tersebut. Siapa yang masih ragu dan tidak percaya perintah dan janji Allah SWT pada manusia? Siapa yang beribadah sekedarnya atau bahkan hanya untuk pamer? Astaghfirullah, marilah kita  bertaubat.
Lebih detil kawan-kawan bisa belajar dari blog ini.


Sigma 19, mari kita jadikan komunitas ini sebagai media untuk menjalankan salah satu perintah Allah: bersedekahlah dan berkurbanlah.

Bin Hariyati Nana

About Bin Hariyati Nana

Sebuah Gerakan Sosial yang diinisiasi oleh alumni Statistika ITS angkatan 2008 sejak bulan Mei 2013 yang bertujuan mengajak masyarakat umum untuk saling berbagi dengan sesama yang sedang membutuhkan.

Subscribe to this Blog via Email :