Senin, 22 September 2014

Kontribusi Pendidikan Anak Usia Dini


@blog.uad.ac.id
Pernahkah terlintas dalam benak kawan-kawan bahwa anak usia dini (kisaran 0-6 tahun ) merupakan pondasi sebuah generasi? Menurut penelitian yang dikutip dari sini, pada usia-usia tersebut otak anak berkembang sangat cepat mencapai 80%. Pada usia tersebut otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi, tidak melihat baik dan buruk. Itulah masa-masa yang dimana perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak akan mulai terbentuk. Karena itu, banyak yang menyebut masa tersebut sebagai masa-masa emas anak (golden age).

Fakta di atas yang melatarbelakangi agenda SCS bulan ini. Pada tanggal 20 September 2015, rekan kami, Ni Luh Putu Satyaning Pradnya Paramtiha –iya namanya memang panjang menawan– atau akrab dipanggil Ning ini, menyalurkan bantuan berupa donasi buku pada Yayasan PAUD St. Miguel di Nusa Tenggara Timur. Ning, yang hampir satu tahun terakhir bekerja di salah satu NGO yaitu “Save The Children cabang Indonesia, tepatnya di Kecamatan Atambua, Kab. Belu NTT. Keren sekali memang kawan kami satu ini, sepulang dari kuliah masternya di Marseille-Perancis, ia mengabdikan dirinya untuk menjadi officer di NGO tersebut. Sejak menjadi mahasiswa Ning memang menyukai anak-anak dan kegiatan sosial yang berkaitan dengan anak-anak, dan dia mewujudkan mimpinya untuk terus berkarya di bidang tersebut.

Jadi melalui Ning, Sigma 19 ikut menyumbangkan sejumlah dana untuk membeli buku-buku bacaan yang bermutu untuk anak-anak usia dini di daerah sana. Mereka tinggal jauh dari pusat keramaian, minim fasilitas, sehingga jangan harap dapat menemukan keberadaan toko buku yang besar dan lengkap di sana. Dengan keterbatasan tersebut, bantuan BUKU adalah pilihan yang tepat. Seperti diungkapkan oleh Ibu Nina pengurus dari Yayasan St. Miguel Atambua, “Sangat bermanfaat, karena susah cari buku seperti itu di sini, kalau ke Kupang pun biayanya ke sana mahal”.


Kami mungkin tak bisa memberi banyak, tapi semoga buku-buku itu menjadi harta berharga untuk anak-anak di sana dalam membuka dunianya.

Bin Hariyati Nana

About Bin Hariyati Nana

Sebuah Gerakan Sosial yang diinisiasi oleh alumni Statistika ITS angkatan 2008 sejak bulan Mei 2013 yang bertujuan mengajak masyarakat umum untuk saling berbagi dengan sesama yang sedang membutuhkan.

Subscribe to this Blog via Email :