Kamis, 05 Mei 2016

Kontribusi SCS Dalam Statistics Social Improvement

Sesuai dengan mimpi Sigma 19 Care & Share untuk terlibat dalam social movement, maka pada bulan April 2016 ini SCS berkesempatan membantu program kerja HIMASTA-ITS dalam Statistics in Social Improvement (SISI). Minggu 24 April 2016, berlokasi di area Keputih Timur Pompa, nampak ramai dipenuhi ibu-ibu dan mahasiswa. Ada apa gerangan?


Rupanya pada hari itu diadakan kegiatan pelatihan bagi ibu-ibu kampung binaan berupa pelatihan kerajinan jumputan pada kain jeans. Pelatihan ini difasilitasi oleh komunitas pemberdayaan wanita yaitu Srikandi Project serta menggandeng UKM MBC yang telah bergerak dalam bidang jumputan kain jeans. Total peserta yang mengikuti pelatihan adalah 17 warga yang merupakan ibu-ibu dari kampung Keputih Timur Pompa. Pemandu pelatihan berjumlah 5 orang dari Srikandi Project. Selain perwakilan HIMASTA-ITS, dua orang owner MBC juga hadir di acara tersebut. Bantuan dana dari SCS dengan total senilai Rp 2.000.000,- digunakan sepenuhnya untuk keberlangsungan acara, seperti: konsumsi, alat dan bahan pelatihan, serta biaya trainer.

Antusiasme tampak pada wajah-wajah peserta. Meski aktivitas ini merupakan hal baru yang tidak mudah, tapi mereka dengan semangat dan tekun mencoba membuat pola jumputan menggunakan kain  jeans, kelereng dan karet gelang. Masing-masing warga mendapatkan 1-2 kain jeans untuk dibuatkan pola. Hasil akhirnya pun tidak buruk, pemateri menyatakan pola jumputan karya ibu-ibu ini layak dan sesuai standar sehingga bisa dipasarkan. Pelatihan tentu tidak berakhir hanya di sini, HIMASTA-ITS akan membuat pelatihan lanjutan dan tetap memberikan pendampingan sehingga harapannya ibu-ibu di kampung binaan ini bisa mandiri dalam produksi pola jumputan dari kain jeans.

SCS berkomitmen untuk memberikan support semaksimal mungkin bersama HIMASTA-ITS dalam mencapai tujuan bersama, yaitu:
  • Memaksimalkan pemberdayaan wanita di kampung binaan 
  • Memunculkan UKM bagi kampung binaan 
  • Membentuk kampung mandiri serta kampung percontohan


Terima kasih pada semua teman-teman Sigma19 khususnya dan donatur lain pada umumnya atas partisipasinya lewat sumbangan yang disisihkan untuk SCS selama ini. Banyak cara untuk hidup bermanfaat, salah satunya dengan sedekah. Sampai bertemu lagi di kegiatan sosial selanjutnya yaaa... ^^

Bin Hariyati Nana

About Bin Hariyati Nana

Sebuah Gerakan Sosial yang diinisiasi oleh alumni Statistika ITS angkatan 2008 sejak bulan Mei 2013 yang bertujuan mengajak masyarakat umum untuk saling berbagi dengan sesama yang sedang membutuhkan.

Subscribe to this Blog via Email :