Jumat, 31 Januari 2014

Berbagi Untuk Korban Bencana di Awal Tahun


Mengawali tahun baru 2014, Indonesia kembali berduka. Cobaan bencana datang di ibu kota Sulawesi Utara, kota Manado dan sekitarnya. Banjir bandang dan tanah longsor akibat hujan deras yang mengguyur kota tersebut tidak diprediksi sebelumnya. Menurut tim SAR Manado, banjir yang merendam ratusan rumah ini merupakan yang terbesar dalam dua atau tiga tahun terakhir. Sumber berita Tempo Indonesia menyebutkan berdasarkan rilis yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Manado, ada lima orang meninggal di Kota Manado dan ratusan ribu orang yang masih berada di tempat pengungsian, bahkan terdapat setidaknya 20 rumah yang hilang diterjang banjir.

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar, taubat)”
QS. Ar Ruum: 41

Pada momen seperti ini kita kembali diingatkan untuk bertaubat, mengoreksi diri apakah semua musibah ini justru datang dari kebiasaan buruk atau perbuatan tidak baik yang kita lakukan sendiri? Di saat inilah juga sesama manusia digerakkan untuk saling membantu-menolong mereka yang membutuhkan. Sigma 19 tak tinggal diam meski bencana banjir itu terjadi di ratusan kilo jauhnya dari tempat tinggal kita. Sejauh tangan masih mampu memberi, maka kita tetap berbagi. Melalui salah satu rekan dari Teknik Kelautan 2008, Wawan Setyawan, kami menitipkan sumbangan untuk para pengungsi korban banjir. Total sumbangan untuk bencana banjir bandang di Manado senilai Rp 1.250.000,-. Sedangkan sisa Rp 1.250.000,- disumbangkan lagi pada korban bencana erupsi Sinabung yang pernah kami sampaikan juga di periode sebelumnya, baca di sini.

Semoga semua korban bencana di manapun mereka senantiasa diberi kekuatan dan kesabaran dalam melewati cobaan ini.

Bin Hariyati Nana

About Bin Hariyati Nana

Sebuah Gerakan Sosial yang diinisiasi oleh alumni Statistika ITS angkatan 2008 sejak bulan Mei 2013 yang bertujuan mengajak masyarakat umum untuk saling berbagi dengan sesama yang sedang membutuhkan.

Subscribe to this Blog via Email :